PENGERTIAN
ORGANISASI
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu
sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu
politik, psikologi,
dan manajemen. Kajian
mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau
analisis organisasi (organization analysis)
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
·
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan
mengejar tujuan bersama .
·
James D. Mooney mengemukakan
bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama .
·
Chester I. Bernard berpendapat
bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·
Stephen P. Robbins menyatakan
bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan
secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang
bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan
bersama atau sekelompok tujuan.
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen
a.Pengertian dan peranan manajemen
Manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaa, pengorganisasian, penyusunan,
pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan
yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya. Manajemen juga mengatur
hal yang dikelola agar tercapai hasil yang memuaskan. Pendapat ahli
mengemukakan
pendapat yang berbeda namun maksudnya tetap sama. Pengelolaan
manajemen bukan hanya dalam hal bisnis atau pekerjaan tetapi dalam waktu dan
dalam kegiatan sehari-hari.
b. Fungsi
dan proses manajemen
Proses manajemen adalah serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus
menerus dimana manajer terlibat sewaktu mereka merencana, mengorganisasi,
mengarahkan, mengkordinasi dan mengawasi.
Fungsi manajemen merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang
manajer dalam mengelola perusahaan. Fungsi manajemen menurut GR Jerry yang
terdiri dari:
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controlling
Organisasi
a. Definisi organisasi
Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui
pelaksanaan fungsi-fungsi menajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan
organisasi. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama
struktur organisasi yang dianut.
Menurut Boone dan Katz, Organisasi adalah
suatu proses bersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Definisi organisasi mencakup 3 elemen pokok:
1. Interaksi manusia
2. Kegiatan yang mengarah kepada tujuan
3. Struktur organisasi itu sendiri
b.Bentuk-bentuk
organisasi
1. Organisasi lini/garis
2. Organisasi fungsional
3. Organisasi lini dan
staff
4. Organisasi fungsional
dan garis
5. Organisasi matrik
6. Organisasi komite
Referensi
2. https://valvaliano.wordpress.com/2013/11/15/manajemen-dan-organisasi
3. D, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
3. D, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar